Sabtu, 03 April 2010

Pramoedya ananta Toer


Haaii sobaat smua,kali ini gue sebagai mahasiswa sastra pengen mengulas sedikit tentang salah satu maestro sastra yang terkenal di indonesia,bahkan bukan hanya di indonesia aja,melainkan di dunia,

Ialah Pramoedya ananta toer ,atau yang akrab dipanggil pram ini.Beliau lahir di Blora,Jawa Tengah tepatnya tanggal 6 februari 1925.secara luas dianggap sebagai salah satu pengarang yang produktif dalam sejarah sastra indonesia. Pramoedya telah menghasilkan lebih dari 50 karya dan diterjemahkan ke dalam lebih dari 41 bahasa asing.
Nama asli Pramoedya adalah Pramoedya Ananta Mastoer, sebagaimana yang tertulis dalam koleksi cerita pendek semi-otobiografinya yang berjudul Cerita Dari Blora. Pramoedya menempuh pendidikan pada Sekolah Kejuruan Radio di surabaya, dan kemudian bekerja sebagai juru ketik untuk surat kabar jepang di jakarta selama pendudukan jepang di indonesia.
Pada masa kemerdekaan Indonesia, ia mengikuti kelompok militer di Jawa dan kerap ditempatkan di Jakarta pada akhir perang kemerdekaan. Ia menulis cerpen serta buku di sepanjang karir militernya dan ketika dipenjara belanda di Jakarta pada 1948dan 1949.
Pada 1960-an ia ditahan pemerintahan Soeharto karena pandangan pro-Komunis Tiongkoknya. Bukunya dilarang dari peredaran, dan ia ditahan tanpa pengadilan di nusakambangan di lepas pantai Jawa, dan akhirnya di pulau buru di kawasan timur Indonesia.
Selain pernah ditahan selama 3 tahun pada masa kolonial dan 1 tahun pada masa orde lama, selama masa orde baru Pramoedya merasakan 14 tahun ditahan sebagai tahanan politik tanpa proses pengadilan.
Ia dilarang menulis selama masa penahanannya di pulau buru, namun tetap mengatur untuk menulis serial karya terkenalnya yang berjudul bumi manusia, serial 4 kronik novel semi-fiksi sejarah Indonesia.

Semenjak orde baru berkuasa, Pramoedya tidak pernah mendapat kebebasan menyuarakan suaranya sendiri, dan telah beberapa kali dirinya diserang dan dikeroyok secara terbuka di koran.
Sampai akhir hayatnya ia aktif menulis, walaupun kesehatannya telah menurun akibat usianya yang lanjut dan kegemarannya merokok. Pada 30 april 2006 pukul 08.55 Pramoedya wafat dalam usia 81 tahun.

data ini gue ambil dari situs ensiklopedia bebas,kalo mau tau lebih lanjut kalian bisa cari tau informasi lainnya di situs tersebut,karna gue hanya ambil sedikit tentang masa hidupnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar